Macam-macam Kutipan dalam Menulis


Macam-macam Kutipan - Dalam menulis kita tidak akan lepas dengan yang namanya menulis. Untuk memahami tentang bagaimana mengutip yang tepat bisa di klik disini. Sebelum kita mempelajari secara detail lagi tentang macam -macam kutipan, mari kita pahami dulu apa itu Citation or Kutipan? dan definisnya secara sederhana. 




Kutipan atau Citation itu bisa didefinisikan secara sederhan sebagai berikut ;

“An intellectual reference to a published or unpublished source by quoting of a book, author or an existing publication in support of a fact.”

Sederhannya bisa dipahamami bahwa Kutipan adalah Proses pengambilan suatu ide atau  gagasan seseorang dalam sebuah tulisan ilmiah. 

Kutipan adalah sebuah tindakan pengambilan ide sesorang dengan tujuan mengakui bahwa tulisan itu adalah benar-benar ide orang lain yang anda ambil. 

 Macam-macam Kutipan?

Secara Umum ada beberapa aturan dalam mengutp yang sudah ada sistem standarisasi antara lain :

Oxford
Harvard
Turabian
Chicago
ASA: American Sociological Association
AAA: American Anthropological Association
CSE: Council of Science Editors
CBE: Council of Biology Editors

Masing-masing gaya atau model cara mengutip ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing. Dengan demikian harus harus menyesuaikan dengan apa yang kita kutip. Misalnya kita menggunkan format APA Style. Maka semua tulisan kita harus menggunkan APA Style semuanya, Mulai dari Page Tittle, Body page, Rerences. Sehingga kita fokus pada satu aturan. Kita seharusnya tidak menggunkan dua format kutipan sekalgus. karena dalam mengutip kita harus konsistenterhadap aturan mengutip yang kita ambil. 



Cara Menggunakan Kutipan
Anda dapat menggabungkan tulisan atau karya orang lain ke kepada tulisan anda dengan tiga cara:

Kutipan
Kutipan harus identik seperti dalam sumber. Kita tidak mengubah ejaan atau prase dari kalimat pemilik tulisan atau ide yang kita ambil. Singkat kata, tulisan itu orisinal dan tidak dirubah sama sekali dan hanya di apit oleh tanda kutip.

Parafrase
Dalam parafrase kita hanya menuliskan kembali dengan gaya bahasa kita sendiri dan tanpa harus mempertahankan struktur asli dari kalimat. Namun, tujuan dan maksud tulisan masih tetap sama. dalam bahasa inggris. Parafrase itu adalah Restate someone opinion or ideas by your own words.

Meringkas
Dalam meringkas harus tetap mengacup secara penuh kerangka pikiran penulis awal. biasanya ringkasan itu jauh lebih pendek dari naskah asli dari tulisan sebelumnya. Akan tetapi kerangka tulisan masih tetap utuh.

Penjelasan Lebih lanjut bisa di Klik di sini.

Semoga tulisan tentang macam-macam Kutipan ini bisa bermanfaat. Wassalam.


Share On:
Comments
0 Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar anda, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, gambar hilang, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini.... Komentar kalian sangat berarti bagi saya...

Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email/Kosongin)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar