7 Karakter Mahasiswa di dunia Perkuliahan





7  karakter mahasiswa di dunia perkuliahan –  Beberapa hari yang lalu, saya sempat berbagi tentang rahasia mejadi mahasiswa cerdas di kampus. Nah, Kali ini saya ingin berbagi cerita lagi tentang 7 karakter mahasiswa di dunia perkuliahan.  Dari artikel 7 karakter mahasiswa di dunia perkuliahan ini,  harapannya bisa membantunya mahasiswa keluar dari jalan buruk yang dia tempuh dan kemudian kembali menata masa depan yang jauh lebih baik. Artikel terkait tentang ini yakni : Karakter mahasiswa Ideal - Karakter mahasiswa - Pribadi Mahasiswa ideal yang mungkin bisa jadi referensi. 

Ada pun 7 karakter mahasiswa di dunia perkuliahan ini disadur dari berbagai sumber. Namun, saya kembali membahasakan itu dengan gaya saya sendiri. Berikut, tujuh  karakter mahasiswa di sunia perkuliahan.

Tipe mahasiswa ini adalah tipe mahasiswa layaknya setrika.  Habis kuliah pulang-kuliah pulang. Sehingga aktivitasnya dihabiskan dirumah tanpa ada hal-hal yang bermanfaat. Tipe mahasiswa seperti ini biasanya jarang punya teman. Sekali pun punya teman pasti  tidak ada kedekatan yang tampak. Mahasiswa seperti ini juga biasanya secara akademik bagus. Tapi tak jarang juga nilanya paling jelek. Oleh karena pekerjaannya kuliah pulang kuliah pulang, akibatanya dia kehilangan kesempatan menikmati masa-masa indah kuliahnya. Berbagi bersama teman-teman. Itulah, kekurangan dari mahasiswa Kupu-kupu. Akademik bagus tapi teman sedikit.

Tipe mahasiswa ini hampir bisa dipastikan gagal dalam studinya. Selalu melakukan sesuatu dengan perasaan bimbang. Suatu pekerjaan yang dikerjakan sungguh-sungguh terkadang gagal, apalagi yang dikerjakan dengan kebimbangan. Karena bimbang akhirnya mahasiswa seperti ini lama  menyelesaikan studi. Mau, maju ujian skripsi, bimbang dan akhirnya tidak selesai-selesai ujian. Mahasiswa tipe ini diakibatakan kurangnya teman. Karena kebimbangan itu hadir karena adanya kekosongan jiwa. Jika banyak teman, maka kekosangan itu akan diisi oleh teman-teman kita. Coba pikirkan ketika kita diperhadapkan pada sebuah pilihan yang sulit, maka kebimbangan semakin menjadi-jadi. Oleh karena itu,  kita butuh support dari orang  lain yang bisa meyakinkan kita untuk mengambil sebuah keputusan yang matang.  Jangan sampai kamu masuk tipikal mahasiswa seperti ini. Menderita dot com.

Tipe mahasiswa seperti ini, sukanya berkeliaran. Jalan-jalan  ke mall, habiskan uang, main sana-main sinilah. Pokonya seperti Ratu atau raja jalanan.  Biasanya mahasiswa yang suka berkeliaran seperti ini biasa kantongnya selalu kering. Sebab habis dipakai untuk hura-hura.  Pasti dalam hal studi juga acak-acakan. Saat kuliah, eh malah curhat di media sosial. Tiba ujian semester, dapat nilai tertinggi di tinkat  level jelek. Study no, keliaran oke-oke yes..! Wah, kalau anda tipikal mahasiswa seperti ini, segeralah menyesatkan diri ke jalan yang benar. Sehingga hatimu  akan terjaga dan tidak jadi manusia suka keliaran lagi.

Wah, tipikal ini paling banyak melekat kepada mahasiswa . Datang ke kampus telat. Saat telat alasannya sejuta. Borcor banlah, tak ada bentorlah, mobil macetlah. Pokonya alasannya segudang. Sudah tahu telat, masih saja membela diri. Biasanya mahasiswa seperti ini sangat dibenci oleh dosen. Betapa tidak, dosennya dengan amanah keluarga yang begitu banyak, masih berupaya datang tepat waktu, eh,,, giliran mahasiswanya yang cuek dan pengen terlambat melulu. Kalu kamu tipe seperti ini maka, bersiaplah mendapatkan nilai Error.

Tipikan mahasiswa yang sukanya cari muka. Sukanya bertanya hal-hal yang tidak penting. Dalam kelas kadang melakukan sesuatu yang goblok. Hal-hal gila pun dilakukan asalkan dia mau dikatakan hebat. Oh, iya si A,  pintarnya minta ampun. Pujian-dan pengakuan seringkali diburu dari orang-orang terdekat. Tipikal mahasiswa seperti ini,  biasanya diajuhi temannya. Karena dengan tindakan konyolnya itu yang lain menjadi tersisihkan. Mahasiswa seperti ini juga sering menjilat dan mengemis untuk dapat nilai bagus. Wah, kalau dosennya paham pasti nilainya error plus..plus..!! hehhe..!!

Kalu tipikal mahasiswa seperti ini adalah pengukir sejarah. Maksud saya sejarah buruk. Karena mahasiswa ini aktivitasnya adalah demonstrasi. Lempar batu lapis baja. Mahasiswa suka lempar batu sementara  yang dilempasi para polisi dengan lapis baja. Nah, mahasiswa seperti ini sebegian besar kritis. Tapi, banyak juga kritis dalam kebodohannya. Jadi, Sebelum melakukan aksi lempar-lempar,  direkomnasikan pikirkan matang-matang kajian masalah isu, tujuan, manfaat dan imbasnya ke kehidupan masyarakat. Silahkan demonstrasi, tapi jangan demokreasi. Maksudnya demo pesanan. Karena dibayar, yah turun demostrasi. Ekpresi demo itu penting, asalkan demo yang bisa dipertanggungjawabkan dari segi moral. Demo yang benar-benar tulus untuk berjuang. Hanya demo yang tuluslah yang  akan mendapatkan simpati dari masyarakat. Namun, kalu demonya hanya meresahkan. Siap-siap andalah  yang akan dilempari batu oleh masyarakat.

Terakhir tipe mahasiswa yang selaku terlibat di kegiatan positif yang membantu dirinya berkembang.  Masiswa aktivis dimaksudkan adalah mahasiswa yang suka berorganisi, akademiknya terjaga, Amalan kebaikan juga terjaga. Bisa diasumsikan bahwa Aktivis itu bukan berteriak di jalanan dengan megaphone kebanggaan. Terus teriak “ kami rakyat kecil”. Wah, itu bukan refresetasi dari mahasiswa yang akan menyandang predikat aktivis. Olehnya itu, Jika ingin sukses menjadi mahasiswa. Harus menjadi aktivis tulen.  Bagaiman caranya? Cukup sederhana motonya” Organisasi terdepan, Akademik terbaik, Amalan kebaikan terbanyak”. Hanya itu saja, maka siap siap, predikat aktivis akan dilekatkan kepada kamu.

Teman-teman, Mungkin hanya sesederhana ini saja yang bisa saya share tentang 7 karaktermahasiswa di dunia perkuliahan. Semoga dengan artikel ini bisa menmbah wawsan. Wassalam..!!
Share On:
Comments
0 Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar anda, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, gambar hilang, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini.... Komentar kalian sangat berarti bagi saya...

Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email/Kosongin)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar